Keberangkatan Para Santri Menuju Ponpes Sidogiri Pasuruan, Di iringi Tangis Haru

  


Banyuwangi, radarhukum.online -, Sejumlah 188 santri asal Banyuwangi, diberangkatkan menuju pondok pesantren (ponpes) Sidogiri Pasuruan untuk kembali menuntut ilmu usai libur panjang, Kamis (4/5/2023) pagi.


Keberangkatan mereka dilepas wali santri dan sanak saudara dari halaman Masjid Kubah Emas yang terletak di Jalan Jember masuk Desa Tulungrejo, Kecamatan Glenmore.


Para santri yang berasal dari 11 kecamatan yaitu Kalibaru, Glenmore, Genteng, Sempu, Songgon, Gambiran, Tegalsari, Siliragung, Pesanggaran, Kabat, dan Licin, diangkut menggunakan 4 armada bus, diiringi oleh berbagai macam ekspresi dari para pengantar.


Salah seorang wali santri asal Kecamatan Genteng, Agus Hariyanto mengatakan, bahwa dirinya dan keluarga mengantarkan keberangkatan salah satu putra mereka dengan penuh optimisme dan kebahagiaan.


"Sebagai wali santri, saya yakin betul bahwa perjalanan anak saya akan baik-baik saja dan selamat sampai kembali ke pesantren, berkat doa sang guru," ucap Agus melepas keberangkatan putranya.


Agus Hariyanto yang akrab disapa Gus Asa ini pun menuturkan bahwa putranya selain menempuh pendidikan formal, juga tengah mendalami pendidikan nahwu shorof selama 3 tahun terakhir di Ponpes Sidogiri Pasuruan.


Keberangkatan para santri ini difasilitasi dan dikoordinir oleh Pengurus Wilayah Ikatan Alumni Santri Sidogiri (IASS) Banyuwangi, demi memudahkan kordinasi dan pengawasan santri yang akan kembali ke pesantren.


Sebelumnya, Pengurus wilayah IASS Banyuwangi mengumumkan melalui pesan WhatsApp kepada seluruh wali santri di wilayah Banyuwangi perihal jadwal kepulangan santri ke pondok pesantren Sidogiri Pasuruan.


"Assalamu'alaikum, untuk membantu wali santri dalam kembalian santri (Banin) PPS hari Kamis, 13 Syawal 1444/4 Mei 2023, PW IASS siap memfasilitasi rombongan santri ke PPS," demikian isi pesan berantai yang dikirimkan oleh pengurus wilayah Banyuwangi.


Setidaknya, sudut-sudut serambi dan halaman masjid megah Kubah Emas Banyuwangi menjadi saksi bisu, ekspresi haru, isak tangis, dan canda tawa para wali santri melepas keberangkatan putra-putra mereka menuntut ilmu ke Pondok Pesantren Sidogiri, Pasuruan. (red)

0 Komentar