Dusun Jono Gresik Gelar Sedekah Bumi

  

Gresik, radarhukum.online - Sudah kesekian kali Dusun Jono Desa Jono Kec.Cerme Kab.Gresik mengelar Sedekah bumi di halaman Kantor Desa Jono.Sabtu 03/06/2023.


Sedekah bumi di Dusun Jono dimeriahkan dengan hiburan Ludruk Chandra Kirana dipimpin oleh Neng Mei dari Kemlagi Mojokerto , di siang hari dan malam hari , selain itu di hari kamis juga digelar Istighosah dan Manaqib oleh Imam Hanafi dari Benowo.


" Alhamdulillah acara sedekah bumi berjalan lancar , saya ucapkan banyak terima kasih kepada semua warga atas terselenggaranya sedekah bumi yang diadakan setiap tahun dan dua tahun sekali mengadakan hiburan . Saya himbau kepada masyarakat tetap jaga kesehatan juga pembangunan di Desa terlaksana dengan baik ." ujar Asrun Kepala Desa Jono 


Dilanjutkan sambutan oleh H.Umar Hasyim SH. Camat Cerme " Alhamdulillah pembangunan di Desa ini berjalan sesuai arahan Bupati , walaupun disini terbiasa dengan bencana banjir tetapi cepat di selesaikan .Terima kasih banyak warga Dusun Jono yang tetap memegang Budayanya sebab peninggalan leluhur ini juga bentuk shodaqohnya warga Dusun Jono." jelasnya.


Dilanjutkan Kapolsek Cerme AKP Muhsiram menegaskan " Syukur alhamdulillah warga Dusun Jono yang sudah melestarikan budaya ini sehingga warga disini diberi hasil panen yang melimpah ruah . Perlu di waspadai untuk curanmor yang masih rawan aksi tersebut itupun perlu adanya kerja sama karena curanmor waktu ini meningkat .Saya himbau untuk diperhatikan. Terkait narkoba dan penggelapan mobil dan maling sehingga hati - hati angka kriminal meningkat. " tegasnya.


Selanjutnya sambutan terakhir dari Danramil Cerme Lettu Toyib menambahkan " Saya sangat kagum karena warga menjaga kekompakan Bapak ,Ibu dan anak ikut berpartisipasi dalam acara ini.Jaga keamanan dan kesehatan maka dari itu kita jaga keversihan dilingkungan masing - masing." imbuhnya.


Acara dihadiri oleh Danramil Cerme Toyib beserta anggota , H.Asrun Kades Jono beserta Perangkat Desa ,BPD beserta anggota dan Lembaga Desa , Hadi Purwanto selaku Ketua Panitia Sedekah Bumi TH 2023 beserta 25 anggota , 300 Asahan dari warga Dusun Jono.


Sedekah Bumi di Dusun Jono didominasi 15 % oleh Ibu -ibu  dikarenakan Kepala Keluarga bekerja dan tidak bisa diwakilkan bahkan anak -anak ikut serta ambil bagian sehingga tercipta kondisi Guyub Rukun .


Ketua Panitia Sedekah Bumi Dusun Jono memaparkan " Alhamdulillah dan terima kasih saya ucapkan kepada warga Dusun Jono semuanya sehingga acara sedekah bumi tahun ini terlaksana dengan baik dua tahun sekali kita adakan hiburan dan apabila warga ingin ikut berpartisipasi di hiburan ludruk di sumangga aken." papar Hadi Purwanto Ketua Panitia .


Kemudian dilanjutkan Kepala Dusun Jono " Saya hormati Bapak Camat ,Kapolsek, Danramil, Kepala Desa, BPD,Ketua Panitia , juga semua warga serta kru Ludruk Candra Kirana , Alhamdulillah karena hari ini kita diberi sehat wal afiat , saya berterima kasih sekali karena bapak ibu sudah memberikan sedekah untuk pelaksanaan sedekah bumi ini semoga di tambahi rejeki oleh allah. Saya ingatkan kembali untuk warga disini jangan sampai luntur semangat dan kekompakan ini , saya ucapkan terima kasih kepada Bapak Bupati karena proyek tanggul jono segera selesai dan berjalan lancar sehingga kita tidak ketir - ketir lagi dan warga jono bisa beraktifitas kembali  ." ucap Gatot Sukarwanto kepala Dusun Jono.


Panitia Sedekah Bumi terdiri dari Tokoh Agama , Tokoh Masyarakat dan Karang Taruna .Moderator oleh Suharmunanto 

Acara ditutup pembacaan doa oleh Bapak Mudin Sobirin . Dilanjutkan hiburan live Ludruk Chandra Kirana.(red.team)

0 Komentar