World Orangutan Day, Taman Safari Prigen Beri Durian

   



Pasuruan, radarhukum.online– Taman Safari Prigen Jawa Timur menggelar hajatan untuk orangutan dalam rangka memperingati Hari Orangutan Sedunia atau World Orangutan Day. Hajatan berupa tumpeng buah-buahan ini diberikan di kandang orangutan.

Buah yang diberikan ada banyak variasi, mulai dari jambu, pepaya, tomat, pisang, jeruk, apel, hingga durian. Menurut Curator Life Science The Grand Taman Safari Prigen Jawa Timur, Eko Windarto mengatakan bahwa orangutan sangat suka buah durian.

Buah durian ini sangat mudah didapat di habitat aslinya yakni di Pulau Kalimantan. Menurut Eko, buah durian atau buah Lay merupakan salah satu buah yang ditemukan oleh orangutan di habitat aslinya.

“Pada habitat aslinya yakni di Kalimantan, orangutan sering memakan buah lay atau kembaran durian. Sehingga kami berpendapat jika buah tersebut merupakan buah favorit mereka selain buah apel, jeruk, dan pisang,” kata Eko, Senin (21/8/2023)

Selain memberikan tumpeng kepada orangutan, Taman Safari Prigen juga menggelar beberapa acara. Diantaranya yakni keeper talk, kuis kahoot, membuat enrichment, dan feeding orangutan.

Hal ini dilakukan guna mengajak masyarakat untuk turut serta dalam melestarikan orangutan. Tak hanya itu, kegiatan ini guna menumbuhkan rasa cinta dan sayang terhadap orangutan sejak dini.

“Melalui kampanye ini masyarakat diajak untuk memulai komitmen pelestarian orangutan. Masyarakat diharapkan semakin paham tantangan konservasi yang saat ini semakin kritis,” tambahnya

Diketahui, saat ini Indonesia memiliki tiga spesies orangutan, yaitu Orangutan Kalimantan (Pongo pygmaeus), Orangutan Sumatera (Pongo abelii) dan Orangutan Tapanuli (Pongo tapanuliensis).

Sedangkan di Taman Safari Prigen memiliki salah satu spesies orangutan yaitu Orangutan Kalimantan. Berdasarkan International Union for Conservation of Nature, species Borneo dan Sumatera termasuk satwa langka dan terancam punah. (red.ci)

0 Komentar