Kata Pakar Soal Nasdem Beri Rekomendasi Ilham Habibie Maju di Pilgub Jabar

  


Jakarta,   radarhukum.net Partai Nasdem memberikan rekomendasi kepada putra Presiden Ke-3 RI B.J. Habibie, Ilham Habibie, sebagai calon gubernur atau wakil gubernur untuk pemilihan kepala daerah atau Pilkada Jawa Barat. Ketua Umum Partai Nasdem Surya Paloh mengatakan di Jakarta pada Kamis, 6 Juni 2024, pihaknya mempunyai keyakinan kemampuan, kapasitas, dan profesionalitas Ilham Habibie cukup mumpuni untuk memimpin Jabar.

Pakar komunikasi politik Universitas Padjadjaran Kunto Adi Wibowo menilai langkah Nasdem merekomendasikan Ilham Habibie pada Pilkada Jabar mengejutkan.

"Cukup mengejutkan juga sehingga, dari segi komunikasi politik, langkah Nasdem ini sangat strategis untuk pilkada di Jawa Barat," kata Kunto saat dihubungi pada Jumat, 7 Juni 2024.

Dia juga menyebut langkah Nasdem memberi rekomendasi kepada pria bernama lengkap Ilham Akbar Habibie itu merupakan upaya membangun momentum seperti pada pemilihan presiden atau Pilpres 2024.

"Nasdem ini kan kemarin Anies Baswedan, dia pertama yang kemudian mengusungnya. Nah, momentum itu dipakai lagi oleh Nasdem di Jawa Barat ini. Kebetulan ada tokoh yang memang pantas atau layak untuk dicalonkan, dan selama ini ada di luar radar," ujarnya.

Kunto mengatakan kehadiran Surya Paloh yang secara langsung memberikan surat rekomendasi untuk Ilham Habibie dapat diartikan sebagai tingginya harapan memenangi Pilgub Jabar.

"Menurut saya, tidak hanya soal Jawa Barat, tetapi karena ada Ilham Habibie yang Surya Paloh tentu berharap banyak akan memenangi pilkada dengan citra atau dengan track record Ilham, terutama di bidang ilmu pengetahuan dan manajerial," kata dia.

Namun dia menuturkan Nasdem tetap membutuhkan koalisi karena tidak bisa maju sendirian pada Pilkada Jabar.

"Tidak ada satu partai pun di Jawa Barat yang bisa maju sendirian sehingga mau tidak mau langkah Surya Paloh di Nasdem dengan memberikan rekomendasi kepada Ilham Habibie itu memberikan daya tarik untuk partai-partai lain bisa bergabung dengan koalisi yang akan dimotori oleh Nasdem," katanya.

Sebelumnya, Surya Paloh memberikan surat rekomendasi untuk Ilham Habibie di NasDem Tower, Jakarta Pusat pada Kamis, 6 Juni 2024.

"Kami juga mempunyai keyakinan sepenuhnya bahwa kemampuan, kapasitas, dan profesionalitas Ilham Habibie cukup mumpuni untuk memimpin Jawa Barat," kata dia.

Pada kesempatan yang sama, Ilham mengatakan Jawa Barat seperti ujung tombak Indonesia Emas 2045 untuk mewujudkan pertumbuhan ekonomi. Selain itu, dia menyebut Jawa Barat memiliki potensi mewujudkan Indonesia Emas 2045 melalui penguatan industri.

"Selain dari industri, kita juga punya universitas yang sangat-sangat baik. Tidak perlu saya sebut satu-satu, banyak sekali, dan kita juga punya masyarakat yang kreatif, dan kita punya pertanian, juga punya perkebunan, juga punya perikanan, juga pariwisata pun kita punya," ucapnya.

"Jadi yang namanya Jawa Barat ini adalah satu provinsi yang lengkap dengan semuanya, dan menurut saya, kita harus berjuang untuk kemajuannya,” ujar Ilham menambahkan.(red.Al)


0 Komentar